• Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman

  • 0878-3895-5899

  • pmb.stipsi@gmail.com

Post Details


Pelatihan Mahasiswa Siaga Bencana, Membangun Empati dan Kewaspadaan

19 Sep admincmt 0 News

Yogyakarta telah mengalami  gempa bumi 2006 dan erupsi dahsyat Merapi 2010. Dua pengalaman yang telah menyadarkan kita semua bahwa masyarakat DiY memang berada di daerah rawan bencana, berbekal pengalaman bergabung dengan TIM DINKES Kabupaten Sleman dan pengalaman sebelumnya dalam membantu para korban bencana di pengungsian serta sebuah kesadaran untuk membuat segenap mahasisiwa nya peduli bencana maka sejak 2013 dibuatlah program Pelatihan Mahasiswa Siaga Bencana.

Kegiatan tersebut kembali di gelar tahun ini bagi mahasiswa angkatan 2014 yang tujuannya tak lain adalah meningkatkan kewaspadaan dan mengajak mahasiswa untuk selalu siap menjadi relawan psikososial. Adi Heryadi,S.Psi.,M.Psi selaku Ketua Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta dalam pesan pembukaannya Jumat, 18 September 2014 mengatakan bahwa pelatihan ini akan terus dilakukan di tahun-tahun mendatang bagi semua warga baru STIPSI yang tujuannya agar semua sadar dan waspada bahwa kita berada di wilayah yang rawan bencana dan kita siap menjadi relawan psikososial.

Sementara Danang Syamsurizal, ST, Manajer Badan Penanggulangan Bencana Kota Jogja pada sesi pertama menjelaskan kepada mahasisiwa tentang Mitigasi Bencana, bagaimana memetakan berbagai kerawanan bencana, tindakan preventif apa yang perlu kita lakukan untuk menghadapi datangnya bencana dan berbagai persiapannya. Sementara Ayuk Rahadian Subekti, M.Psi dari CPMH UGM banyak berbagi cerita kepada mahasiswa bagaimana CPMH UGM terjun langsung menghadapi para pengungsi dan menggugah empati mahasiswa agar siap juga untuk menjadi relawan bencana khususnya relawan psikososial sebagaimana dimaksudkan oleh STIPSI.

Leave a comment

en_USEnglish
en_USEnglish