Selamat bagi Peserta yang Lolos SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012

Jakarta, Mei 2012–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menetapkan jumlah siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui Jalur Undangan tahun ini.Tercatat, 53.401 siswa akan diterima di PTN melalui Jalur Undangan. Setidaknya, 236.811 siswa telah mendaftar SNMPTN Jalur Undangan, termasuk 75.034 siswa yang mendaftar melalui Program Bantuan Biaya Pendidikan ┬áBidikmisi.

“Yang lolos Jalur Undangan itu sekitar 22,55%, termasuk didalamnya siswa penerima program Bidikmisi sebanyak 15.313 atau setara dengan 20.41%,” ujar Sekretaris Umum Panitia SNMPTN 2012, Rochmat Wahab kepada wartawan di Gedung D Kemdikbud, Jakarta.Rochmat yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengungkapkan, jumlah pendaftar SNMPTN Jalur Undangan tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, hingga 9%. “Peningkatan itu sebagian besarnya dari penerima program Bidikmisi yang naik sekitar 7%,” tambahnya.Program Bidikmisi diharapkan mengedepankan kejujuran. Kelayakan penerima dinilai melalui proses verifikasi ke tempat tinggal calon penerima bantuan. Apabila diindikasikan bahwa calon penerima Bidikmisi melakukan penipuan data, maka pencalonannya akan dibatalkan.

Jumpa pers juga dihadiri oleh ketua Bidang TIK SNMPTN yang juga Rektor Institut Teknologi Surabaya (ITS) Triyogi Yuwono dan Wakil ketua Pokja WR akademik dan kemahasiswaaan YoggyKoesmaryono. Siswa yang lolos SNMPTN Jalur Undangan dan diterima di 61 PTN penyelenggara, harus melakukan registrasi di PTN penerima pada 12 dan 13 Juni mendatang. Informasi lengkap terkait dengan registrasi tersebut dapat dilihat melalui laman resmi masing-masing PTN.

Sedangkan pelaksanaan SNMPTN Jalur Tertulis hingga Sabtu 26 Mei 2012, sebanyak 397.601 PIN dan KAP pembayaran biaya ujian telah dikeluarkan terdiri atas IPA/IPS sebanyak 276.521 dan IPC berjumlah 121.080, diluar pelamar Bidikmisi. Bagi calon yang telah memiliki PIN dan KAP harus segera melakukan pendaftaran yang akan ditutup pada tanggal 31 mei 2012.

Sumber: dikti.go.id

´╗┐

Comments are closed.